Pages

16 Mei 2010

Riset Akuntansi: Sample dan Populasi

1. Pengertian Sampel dan Populasi

Populasi merupakan kumpulan individu atau objek penelitian yang memiliki kualitas-kualitas serta ciri-ciri yang telah ditetapkan. Berdasarkan kualitas dan ciri-ciri tersebut, populasi dapat dipahami sebagai sekelompok unit analisis atau objek pengamatan yang minimal memiliki satu persamaan karakteristik. Sampel adalah bagian dari populasi yang memiliki karakteristik yang relatif sama dan dianggap bisa mewakili populasi.

2. Penelitian Ilmiah

Contoh penelitian ilmiah yang akan dicari populasi dan sampelnya “PENGARUH EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL PADA PASAR SWALAYAN DI KOTA DENPASAR

3. Sampel dan Populasi pada Penelitian Ilmiah

Populasi pada penelitian ilmiah tersebut adalah pasar swalayan yang ada di kota Denpasar. Sedangkan sampelnya adalah perbandingan beberapa pasar swalayan yang menggunakan teknologi sistem informasi akuntansi dan pasar swalayan yang tidak menggunakannya yang ada di kota Denpasar.

4. Kesimpulan

Berdasarkan keterhubungan antara populasi dan sampel yang diambil pada penelitian tersebut adalah efektivitas penggunaan teknologi sistem informasi secara signifikan memiliki pengaruh yang positif terhadap kinerja individual. Ini berarti terdapat hubungan yang searah antara efektivitas penggunaan teknologi sistem informasi dengan kinerja individual. Semakin tinggi efektivitas penggunaan teknologi sistem informasi, maka semakin tinggi kinerja individual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar